Minggu, 10 Juli 2011

apa itu khodam

Siapakah khodam itu? Istilah 'khodam' berasal dari bahasa Arab. Orang Jawa menyebut khodam dengan 'perewangan' yaitu makhluk gaib yang menjadi pembantu manusia. Aliran kejawen dan hikmah berbeda pendapat mengenai siapakah khodam itu? Aliran kejawen beranggapan bahwa perewangan adalah jenis makhluk tertentu yang memang diciptakan Tuhan untuk membantu manusia. Menurut faham kejawen, perewangan bukanlah jin dan bukan malaikat, melainkan makhluk gaib khusus yang berfungsi menimbulkan kekuatan supranatural pada manusia sakti atau benda bertuah.

Sedangkan aliran hikmah yakin bahwa 'khodam' sebetulnya hanya julukan bagi Jin atau Malaikat yang menbantu manusia. Pendapat ini setidaknya berdasarkan dua alasan sebagai berikut: Pertama, Khodam dalam bahasa Arab berarti pembantu, penjaga, atau pengawal yang selalu mengikuti. Dalam bahasa Arab, pembantu rumah tangga, sopir, tukang kebun dan bodyguard juga bisa disebut sebagai khodam.

Kedua, dalam kitab suci Al-Quran, sudah diterangkan bahwa Tuhan hanya menciptakan hambanya yang berakal dalam tiga bentuk saja, yaitu: Malaikat, Manusia, dan Jin. Kalaupun ada yang istilah 'khodam' , maka tidak lain hanyalah nama alias untuk ketiga jenis makhluk tersebut. Seperti istilah 'setan' sebetulnya bukanlah jenis makhluk, melainkan hanya julukan bagi jin dan manusia yang suka berbuat kejahatan.

Dalam teori metafisika, datangnya khodam bisa dipelajari atau diusahakan. Usaha untuk memperoleh pendamping gaib bisa dilakukan dengan puasa tertentu, wirid atau mantra, meditasi atau cara yang paling mudah yaitu: pemindahan khodam dari guru yang sudah menguasai Ilmu Khodam. Setidaknya ada 3 manfaat utama jika Anda memiliki khodam, yaitu: khodam selalu mengikuti, melindungi dan membantu Anda menyelesaikan masalah-masalah Anda.

Sifat khodam.

Sebagian dari Anda mungkin menjadi takut mempelajari ilmu khodam setelah tahu bahwa selain Malaikat, khodam juga bisa berasal dari bangsa jin. Namun, ketahuilah bahwa jin yang menjadi khodam sifatnya sangat berbeda dengan jin penggangu yang Anda khawatirkan. Jin yang menjadi khodam bersifat pasif dan tidak memiliki nafsu seksual. Dia tidak bisa mempengaruhi pikiran Anda, dan tidak bisa menampakkan diri. Penampilannya pun dalam bentuk yang indah dan sopan. Umumnya khodam tampil dalam bentuk laki-laki berpakaian serba putih dengan wajah yang tampan.

7 komentar: